Popular Post

Posted by : syah raihan Kamis, 12 Februari 2015

Apa itu HellaFlush?
Gaya Modifikasi yang satu ini, sedang banyak diperbincangkan disana-sini. Mulai di bengkel hingga di berbagai forum maupun milis. trend baru yang nampaknya mendapat sambutan yang cukup baik di kalangan modifikator tanah air. Mengapa trend Modifikasi HellaFlush begitu besar mendapat sambutan dari kalangan tuner?
Jika diperhatikan, gaya HellaFlush tidak terlalu neko-neko, hal ini jelas bisa di “mainkan” untuk kendaraan daily use, namun yang jika ingin extreme, HellaFlush turut memberikan pengaruh yang luar biasa.

Latar belakang HellaFlush :
HellaFlush berawal dari anak muda di Amrik yang suka Modifikasi gaya ceper, hingga banyak mobil gaya Modifikasi dengan style roda amblas. sekitar tahun 2003, kata “HellaFlush” mulai disebarluaskan. Aliran Modifikasi ini, mendewakan pelek keluar alias lebih menonjol dari body mobil (offset pelek keluar). suatu hari, salah seorang penggemar mobil ceper berteriak, “Dude, that S**T’s HellaFlush” (Flush like Hell – Flush Parah). Maka makin seringnya, anak muda Amrik menyebut Hell-Flush, jadilah kata “HellaFlush”. Jika ditilik, gaya modifikasinya banyak terinspirasi dari VIP Jepang dan Euro style, tapi kata “HellaFlush” menjadikan aliran Modifikasi ini memiliki selera tersendiri.
Gaya HellaFlush bisa diapilikasikan dengan gaya berbeda-beda :

1. Flush: Offset yang pas untuk roda, apabila mobil diceperin tapi tidak membuatnya terlihat “amblas” (kata populer, pecinta mobil ceper). Biasa disebut “Daily Drivers”. Jarak ban dan fender hanya 1/2 inch (kurang lebih seukuran jari). tampilan makin maksimal apabila menggunakan ban bulat (donat). Gaya ini sangat pas buat drifting, apabila lebih ceper lagi, bodykitnya akan bersinggungan dengan roda.

2. Mexi: Offset pelek lebih keluar (menonjol) hingga “nongol” jauh dari fender. Gayanya mirip-mirip low rider. Buat Retro mania, gaya Mexi, cocok banget diaplikasikan. Toyota DX, Mitsubishi Lancer, makin oke dibikin gaya ini.  Ada yang bilang, gaya Mexi awalnya kebanyakan disukai pencinta Low Rider di USA asal “MEXICAN”, ehm apakah bener?

3. Tucked: Terlihat “Nyelup” abis dan pelek ketutupan fender. Mobil-mobil VIP dan mobil  yang pake air-suspension makin mentereng bila pakai gaya HellaFlush model yang satu ini.

4. Hella Flush: Offset pas, super amblas tapi mobil masih bisa jalan. Untuk di Ibukota Jakarta maupun kota lainnya yang kebanyakan jalan tidak mulus alias bolong dan berlubang, wah nampaknya gaya yang satu ini sulit dimainkan. Namun untuk show Modifikasi, hal itu sah-sah saja.

Catatan :

Gaya “HellaFlush” amat riskan bila tidak menggunakan komponen (part) yang berkualitas. Gaya ini apabila diaplikasikan dengan benar maka akan membuat mobil makin mantap bergaya, namun yang lebih penting, gaya ini harus dipadukan dengan cara membawa mobil yang baik dan aman, sehingga gaya tidak membuat malapetaka.
Nah, kalau Anda ingin merombak tampilan mobil agar bisa bergabung dengan sesama komunitas Hellaflush, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
Velg unik. Cari ukuran velg yang unik dengan lebar rata-rata. Usahakan dengan offset kecil. Misalnya 16 x 8 ber-offset 20 mm. Jika dapat velg lebar, maka tampilan semakin bagus karena lebih mudah dibuat memepet ke sepatbor.
Velg 3-piece. Konstruksi velg ini bisa diaplikasi, tetapi outer lips diganti yang lebih celong atau barrel diganti dengan yang lebih lebar. Contohnya, BBS seri RS, OZ Futura, atau OZ Turbo.
Ukuran ban unik. Bila dapat velg 16 x 7, cari ban 165/45/16. Risikonya, tapak ban jadi kecil. Alternatif lain, bisa pakai ban 19/45/16 atau 195/40/16. Meski jatuhnya tidak terlalu narik, tapi hasilnya masih enak dilihat.
Merek ban. Perhatikan mereknya karena masing-masing mempunyai bentuk sidewall berbeda-beda. Ada yang mempunyai karakter tak kuat untuk ditarik.
Kondisi velg. Bagian ini harus bagus dan tidak ada yang peyang di bagian pinggul agar angin tak keluar.
Pilih suspensi. Pakai suspensi yang ketinggiannya bisa diatur. Pilihannya, ada suspensi adjustable atau air suspension.
Potong per. Hal ini boleh saja dilakukan, hanya kurang praktis dalam menyetel ketinggian. Walau begitu, memotong per memberikan nilai seni dan tantangan saat mengerjakannya.
Sepatbor. Bagian ini wajib di-roll, malah kalau tega gerinda saja bagian lipatannya karena tak boleh ada celah antara ban dan sepatbor.
Camber kit. Ini adalah anjuran agar ban bisa masuk ke dalam sepatbor. Keuntungan lain, bila jalan bergelombang, maka ban akan mengayun masuk lebih dalam secara otomatis.
Tes. Lakukan tes jalan untuk mendapatkan penyetelan yang pas.
Gesekan. Bila terjadi gesekan-gesekan kecil, itu adalah hal yang biasa. Yang penting, perhatikan fitment (offset, lebar velg, dan ban).

KUMPULAN FOTO SAYA
Jangan Disave Ya hahah


















 

- Copyright © Eighty Nine - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -